Friday, July 8, 2016

Pengenalan pemograman web ,memahami fungsi html


Pengenalan Pemrograman Web; Memahami Fungsi HTML

Kini, kita hidup di era digital dimana segala sesuatu bisa dilakukan dengan menggunakan media internet. Dari mulai berkomunikasi, bisnis, sampai mencari jodoh bisa dilakukan dari jarak jauh dengan bantuan media internet tersebut. Sebagian dari anda mungkin belum mengetahui secara mendalam mengapa muncul dunia digital ini. Nah, ada salah satu media atau alat yang menyumbang pengaruh sangat besar dari perkembangan dunia digital ini. Disamping telah ditemukannya jaringan internet, juga ada aplikasi pemrogaraman web yang menjadi penopang utama semua kegiatan yang bisa dilakukan secara online tersebut. Tanpa adanya web, maka dipastikan perkembangan internet di dunia tidak akan sebegitu cepat yang terjadi saat ini.

Lalu, Apa itu Pemerograman Web?

Pemrograman web terdiri dari dua suku kata; pertama yaitu pemrogaraman atau dalam bahasa inggris ‘programing’, dan kedua yaitu web yang merupakan singkatan dari world wide web. Pemrograman memiliki arti sebagai suatu proses untuk membuat, menguji, menghilangkan, memperbaiki serta memilihara kode-kode dalam suatu program komputer. Sementara itu, web sering didefinisikan sebagai jaringan yang terdiri dari sekumpulan situs internet yang terdiri dari teks, suara, image, grafik dan lainnya yang berada dalam protocol hyper text. Kata web ini juga seringkali berhubungan dengan website, situs, situs web, www, dan lainnya yang terbentuk dari bahasa pemerograman.

Peran HTML dalam Pemrograman WEB

Sebuah situs web tidak terbentuk dengan sendirinya melainkan dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Ada banyak bahasa pemrogaraman yang bisa digunakan memang dengan beragam kelebihan dan kemudahannya. Anda bisa memilih salah satu yang paling mudah atau mungkin yang ingin anda coba. Dalam pemrogagaman tersebut, ada bahasa tertentu yang digunakan dan salah satunya adalah ‘html’. Memang ada sebagian yang mengatakan bahwa ‘html’ itu adalah bahasa pemrograman, sementara itu ada juga yang mengatakan bahwa itu bukan bahasa pemrograman melainkan sebagai bahasa penada yang menggunakan tag. Telepas mana yang benar dan salah, yang terpenting adalah bahasa ‘html’ ini adalah yang paling banyak digunakan saat ini.

Hal yang Perlu diketahui tentang HTML

Seperti disebutkan diatas bahwa HTML ini memiliki tingkat popularitas yang tinggi dibanding dengan CSS, Java script, dan lainnya. Nah, sebaiknya kita ketahui beberapa hal dasar mengenai bahasa penanda HTML ini terlebih dahulu.

  • Pengertian dasar: HTML singkatan dari Hyper Text Markup Language, bukan bahasa pemrograman melainkan markup language yang biasanya berisi markup tags yang digunakan untuk mendeskripsikan sebuah halaman web.
  • Selain itu, html juga bisa dikatakan sebagai bahasa pemrogaraman standar yang bisa digunakan untuk membuat sebuah halaman web yang kemudian bisa diakses dengan menggunakan browser.
  • Bahasa yang digunakan itu pada awalnya adalah yang banyak digunakan dalam percetakan dan penerbitan, yang kemudian pada 1989 dimasukan dalam pemrograman oleh Berners-lee Robert.
  • Tentang Html tags biasanya berisi kata kunci yang berada didalam kurung atau ada pengapit tanda kurung <home>. Tags ini juga biasanya ada pembuka di awal yang disebut opening tags dan penutup diakhir yang disebut closing tags.
  • Fungsi dari HTML: Sebetulnya ada tiga fungsi utama yang dimiliki oleh bahasa HTML itu yaitu; pertama, membuat halaman web, kedua, menampilkan informasi dari browser internet, dan ketiga, membuat link menuju halaman lain (hypertext).

Dengan adanya pemrogaraman web, itu memungkinkan siapa saja untuk bisa membuat halaman web dengan menggunakan beragam bahasa pemrogaraman. Salah satu yang standar adalah HTML yang bisa juga dikombinasikan dengan bahasa lain seperti java script dan lainnya. Dengan pemrograman tersebut, kita bisa sangat mungkin untuk membuat tampilan halaman web yang dinamis dengan beragam konten yang disajikan dalam halaman tersebut salahsatunya melalui pemrograman we dengan HTML.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya