Friday, July 8, 2016

panduan dasar cara menampilkan halaman di web


Panduan Dasar Cara Menampilkan Halaman di Web


Bagi anda yang akan membuat halaman web, sebaiknya memang anda baca panduan cara menampilkan halaman di web ini sampai tuntas. Dengan begitu, maka anda akan mendapatkan informasi dan pemahaman yang mendalam mengenai metode, proses dan panduan yang harus anda ikuti selangkah demi selangkah. Dengan memahami tahapan itu, maka sudah dapat dimungkinkan anda bisa membuat sebuah halaman web yang sesuai dengan yang anda bisa serta anda inginkan secara mudah. Namun memang untuk memahami semua itu, anda butuh dukungan informasi serta pemahaman lain yang tidak akan dijelaskan secara mendetail dalam artikel kali ini. Anda bisa mencari dan mempelajarinya secara mendalam terlebih dahulu atau setelah membaca ini, anda bisa coba perdalam lagi nanti.

Pengenalan Halaman Web

Pertama-tama, kita kenali terlebih dahulu mengenai apa itu halaman web. Berdasarkan pengertian beberapa sumber, dalam diketahui bahwa yang dimaksud dengan halaman web adalah sebuah dokumen yang berisi dokumen HTML. Dalam dokumen tersebut ada bahasa yang disebut dengan markup language atau HTML tags. Tags-tags tersebut menjadi pembatas atas deskripsi yang ingin ditampilkan dalam halaman tersebut. Lalu kemudian, halaman itu akan ditampilan dalam web browser dengan menggunakan situs jelajah browser tertentu. Bahasa HTML memang menjadi konten utama dalam sebuah halaman web standar dan kemudian bisa disisipkan beberapa bahasa lain seperti javascript untuk menjadikan halaman tersebut menjadi lebih dinamis.

Persiapan 1: Pahami Bahasa HTML

Nah, kemudian kita lanjut pada persiapan mengenai apa yang harus diketahui dan disediakan sebelum membuat halaman tersebut. Persiapan yang paling penting pertama yang harus diketahui adalah dimana kita sebaiknya mengetahui tentang bahasa HTML. Kita perlu belajar lebih lanjut mengenai html tags, dan beberapa hal lainnya yang berhubungan. Hal itu erat hubungannya dengan fungsi penggunaan html markup tags itu dalam halaman nantinya.

Persiapan 2: Persiapkan Tool

Selanjutnya, ada beberapa media juga yang sebaiknya kita persiapkan. Media tersebut biasanya lebih pada bentuk tool yang bisa digunakan dalam penyusunan halaman tersebut. Beberapa diantaranya bisa yang bersifat html editor, atau html maker. Salah satu yang paling sederhana, anda bisa menggunakan editor yang sudah tersedia dalam komputer biasanya yakni ‘notepad’. Anda bisa melakukan penulisan, penyuntingan, dan modifikasi tags html dalam media tersebut dengan mudah.

Persiapan 4: Persiapkan Internet Support

Percuma kita membuat halaman jika nantinya tidak bisa diakses melalui media internet oleh orang lain yang berkunjung ke website yang kita buat tersebut. Nah, sebetulnya ada beberapa pilihan media yang support halaman agar tampil di internet. Pilihan tersebut bisa didasarkan pada efektivitas dan juga cost yang ingin dikeluarkan. Jika kita memiliki budget terbatas, kita bisa membuat web yang gratisan seperto wordpress, dan blogspot. Namun memang untuk halaman tidak bisa custom seperti yang kita inginkan. Sementara itu, bagi yang memang ingin membuat yang sedikit profesional, maka ada dua yang perlu disiapkan yaitu nama domain dan juga hosting.

Persiapan 4: Cari Inspirasi Tampilan

Lalu selanjutnya, ada bagian penting juga yang sebaiknya kita perhatikan dan persiapkan yaitu dengan mencari inspirasi tampilan halaman situs. Kita bisa coba searching di internet berbagai tampilan situs yang ada, lalu kemudian kita bisa mengkoleksiknya terlebih dahulu. Setelah melakukan kolekasi, maka kemudian kita bisa melakukan proses seleksi sampai bisa memutuskan mana yang paling cocok dan tepat untuk dipilih. Setelah menentukan salah satu desain, kita bisa pelajari bagaimana cara menciptakan desain template halaman situs yang mirip dengan apa yang kita lihat dari milik orang lainnya. Dalam hal ini, tentu kita butuh pemahaman tentang bahasa HTML dan bahasa pemrograman lainnya.

Aplikasi Proses 1: Mulai Gunakan Tool untuk Membuat Page

Setelah semua persiapan itu siap, maka cara selanjutnya yang harus kita lakukan adalah memulai proses programing. Hal ini biasanya dilakukan dalam proses writing, editing atau modifying html tags dalam tool yang sudah disiapkan misalnya dengan menggunakan notepad. Jika kita ingin writing artinya kita menulis sendiri dengan bahasa HTML yang sudah seharusnya diketahui terlebih dahulu secara mendetail. Namun jika memang kita belum paham secara keseluruhan, maka kita bisa coba cari script dari template punya orang lain, bagian per bagian dan kemudian dilakukan proses editing. Selain itu, cara yang paling mudah juga bisa kita lakukan dengan modifying template milik orang lain dengan merubah beberapa bagian saja. Proses ini biasanya akan sangat lama untuk dilakukan mengingat ini merupakan proses penting.

Aplikasi Proses 2: Gunakan Local-Host Terlebih Dahulu

Selanjutnya, hasil yang anda edit itu bisa anda coba terlebih dahulu tampilannya dengan menggunakan local host yang diinstall dalam komputer anda sendiri. Dengan local host ini, anda tak perlu conect ke internet untuk bisa mencoba membuka tampilan halaman atau page situs anda itu. Dengan melakukan percobaan ini, ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan diantaranya anda bisa meyakinkan tampilan situs secara baik sebelum di-upload ke hosting internet yang bisa memakan space. Disamping itu, ini juga bisa memungkinkan anda untuk tidak lagi melakukan proses editing lagi nantinya. Ada banyak localhost yang bisa digunakan bergantung pada jenis window yang digunakan, salah satu yang paling populer adalah XAMPP.

Aplikasi Proses 3: Sinkronisasi Domain dan Hosting

Selanjutnya khusus anda yang akan menggunakan domain dan hosting khusus untuk menampilkan halam tersebut, maka anda perlu melakukan pembelian domain dan hosting. Domain adalah nama alamat yang akan digunakan untuk memanggil halaman situs saat dimasukan lewat url browser. Sementara hosting adalah space penyimpanan data web yang digunakan untuk menyimpan file halaman dan page lainnya yang ditampilkan dalam domain. Setelah anda melakukan pembelian, maka anda perlu melakukan sinkronisasi antara domain dan hosting itu. Akan tetapi jika anda menggunakan yang gratisan, maka anda hanya perlu mengupload template halaman saja tanpa perlu melakukan pembelian domain dan hosting.

Aplikasi Proses 4: Upload File Page

Seperti disebutkan diatas bahwa ada dua jenis cara proses upload file halaman page itu. Bagi yang gratis, tinggal buka bagian form template>>upload template>>selesai. Hal itu bisa dengan sangat mudah dilakukan tanpa mengalami kesulitan. Sementara itu, bagiyang menggunakan hosting, ada beberapa tingkat kesulitan biasanya termasuk ada yang mudah karena hanya perlu mengupload file yang sudah tergabung seperti wordpress, ada juga yang sulit karena harus mengupload satu per satu file per part dalam template tersebut. Jika anda mau mempelajarinya, maka tidak ada yang sulit untuk dikerjakan.

Final Steps: Try to Open the Web through Browser

Tahapan terakhir, anda bisa mencoba untuk membuka halaman tersebut melalui alamat domain yang anda telah registrasi. Dengan begitu, maka halaman page anda sudah online dan bisa diakses secara bebas oleh siapa saja yang memang ingin membukannya. Setelah itu, anda bisa melakukan update konten secara berkala agar web anda bisa terindeks oleh search engine atau mesin pencari dan kemungkinan dibaca oleh banyak orang bisa sangat besar.












No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya